14 Mei 2012

dunia lain itu bernama dunia pribadiku..!!!!

  hari berganti, jam terus berputar, waktu hidup kian berlalu setiap saatnya. tapi pernah kah kita berfikir sejenak tentang apa yang kita jalani ini, tujuan apa yang ingin kta raih sebenarnya. setiap agama memiliki penjelasan sendiri-sendiri mengenai tujuan manusia hidup di dunia ini. begitu juga dengan setiap manusia yang ada, mereka memiliki jalan mereka masing-masing yang disesuaikan dengan apa yang telah dijelaskan oleh kepercayaan yang mereka anut. hal ini juga berlaku bagi mereka para atheis, mereka juga memiliki jalan dan pemahaman sendiri untuk menafsirkan tujuan mereka hidup di dunia ini. 
  

  setiap perorangan yang hidup d dunia ini akan hidup dengan keeksistensian mereka sendiri. mereka akan membuat dunia-dunia mereka sendiri. dunia yang disesuaikan dengan kebutuhan serta kenyamanan mereka. bahkan seorang pemuka agama yang sangat di hormati memiliki dunia kecil dia sendiri. dalam dunia kecil inilah mereka dapat mengekspresikan diri mereka yang tak dapat mereka tunjukan di depan orang lain. tapi apakah dunia ini tidak dapat ditembus ?. tentu saja dunia ini bisa saja dimasuki oleh orang lain, seorang psikiater dapat masuk kedalam dunia yang dibuat oleh orang lain dengan cara yang begitu halus. tapi banyak orang yang merusaha menjadi "psikiater" dadakan yang justru memaksa masuk kedalam dunia orang lain dengan dalih KEPEDULIAN, KELUARGA, PERTEMANAN Dll. saya tidak menolak dengan hal tapi TOLONG hargai lah dunia-dunia kecil yang telah mereka buat. membuat dunia kecil yang nyaman untuk anda tempati bukan lah hal yang mudah.

   berbagi dunia itulah yang dapat saya katakan kepada orang-orang yang biasa bertanya kepada saya. kita memiliki dunia yang begitu luas dan selalu bersinggungan dengan dunia-dunia orang lain. ada satu dunia yang harus kita masuki dalam sebuah kehidupan yaitu sebuah DUNIA SOSIAL. dunia dimana kita diharuskan untuk berbagi, berinteraksi dengan orang lain. stiap kita tau bahwa manusia ini adalah makhluk yang selalu ingin sendiri dan makhluk yang tak dapat berdiri sendiri. ada kalanya kita membutuhkan sebuah kesendirian dan pada saat-saat tertentu kita harus berbagi dengan orang lain. kita jangan hanya merasa terlalu nyaman dengan dunia pribadi yang kita buat ini sehingga kita melupakan dunia sosial. hal seperti itu sangat tidak d anjurkan bagi setiap manusia.

   setiap manusia yang membuat sebuah dunia yang mereka sukai akan menancapkan batasan-batasan sampai sejauh mana orang lain dapat masuk dan ikut campur ke dalam dunia pribadi mereka. ini sama haknya dengan sebuah sistem kenegaraan, setiap negara akan membuat batas areal atau wilayah yang membatasi dengan dunia lain. apabila ada faktor luar yang ingin masuk maka akan ada perijinan khusus yang berupa visa atau paspor. hal ini lah yang biasanya di langgar oleh para psikiater dadakan ini. meraka asal masuk tanya sana sini, beri solusi ini itu dan merubah tatanan dunia pribadi yang telah kita buat, dan kemudian meninggalkan begitu saja.

  di sini saya tidak mengganakan orang lain sebagai contoh tapi saya lebih menggnakan diri saya sendiri sebagai contoh dari keadaan ini. saya pun telah membuat sebuah dunia dimana telah saya setting sedemikan rupa agar sesuai dengan apa yang saya inginkan. saya ambil contoh adalah mengenai dunia saya dalam hal buku bacaan, cara berpakaian, bicara dll. saya lebih suka membaca buku-buku yang lebih condong kepada hal sastra walaupun notabene saya adalah mahasiswa kehutanan yang seharusnya banyak baca mengenai hal-hal lingkungan atau masalh kehutanan. hal ini pun saya banyak mendapat kritikan yang inilah yang itulah, tapi saya hanya bisa tertawa. saya memang membaca buku sastra tapi bukan berarti saya tak tau apa itu kehutanan, seperti apa itu kehutanan. membaca sebuah buku itu berhubungan dengan selera dan ketertarikan. kalaupun memang buku bacaan saya mengganggu ya sudah, tidak usah terlalu banyak bicara, karna saya tidak pernah menganjurkan orang lain untuk membaca buku yang saya baca.

  dunia pribadi dan dunia sosial itu seperti sebuah bola yang itu, jika dipisahkan maka bola ini tak dapat menggelinding sebagaimana mestinya sebuah bola. dunia pribadi sangat erat hubungannya dengan tujuan manusia itu sendiri. ketika orang lain ikut masuk terlalu dalam dalam dunia pribadi yang kta buat. maka kita harus berhati-hati jangan sampai orang ini merusak tujuan yang telah ada dan tatanan yang telah kita buat. orang lain disini adalah merak yang masuk secara paksa, b ukan mereka yang masuk dengan halus dan seizin kita.

  tulisan ini hanya sebuah tulisan biasa, curahan dari apa yang saya pikirkan. saya tidak memaksakan kehendak atau menghasut orang lain. disini adalh saya pribadi yang menjadi sebuah objek tulisan ini. apabila ada di antara para pembaca yang sepaham atau menolak pemikiran saya ini, akan saya hormati hal itu. karena inilah fungsi sebuah tulisan untuk dkritik dan diperbaiki..


2 komentar:

  1. yap setuju..setiap org punya cara sendiri untuk mencapai sesuatu, meskipun kadang cara itu dilihat aneh oleh org lain :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah itulah yang sealu dilakukan kebanyakan orang,, ketika mereka melihat pemikiran yang berbeda dengan orang lain maka akan di bilang aneh

      Hapus