20 Sep 2011

para penyair indonesia

indonesia merupakan negara yang banyak memiliki penyair-penyair yang berbakat. tak sedikit para penyair kita melanglang buana di dunia sastra tak hanya dalam negeri tapi juga luar negeri. sastra merupakan bentuk penggambaran gagasan kita yang dituangkan dalam bentuk tulisan, lagu, tarian, teater, dll. namun sangat disayangkan jika kita lihat masa sekarang maka perhatian pemerintah terhadap sastra sngat kurang, padahal jika kita lihat banyak sekali potensi yang bisa dihasilkan dari sebuah karya sastra.


dalam tulisan ini aku hanya akan membahas mengenai beberapa tokoh dalam dunia perpuisian kita. menerutku mereka adalah orang-orang yang sangat berjasa dalam mengembangkan bentuk kosa kata kita, walaupun ada beberapa penyaira yang menganut bentuk gaya bahasa baru.  gaya bahasa baru ini dianggap sebagai destruktif dalam gaya penulisan lama namun, juga menjadi cahaya baru bagi para penulis generasi baru, seperti yang dikatan chairil anwar untuk amir hamzah.

sebelum itu, aku menulis ini bukan karena ingin mendiskriminasi dan mennghakimi bahwa puisi baru itu jelek. semua ini murni karena aku hanya ingin mengulas para penyair yang menurut pandangan ku memiliki kualitas lebih dari pada yang lain

1. Chairil Anwar 
Chairil Anwar 1922-1949
penyair yang lahir di Medan, Sumatra Utara, 26 juli 1922, meninggal di Jakarta 28 April 1949. Dia terkenal dengan Puisinya yang berjudul Aku atau dlam berbagai versi ada yang memberi judul dengan Semangat. Orang-orang banyak menobatkan dirinya sebagai pelopor angkatan'45. banyak buku-buku kumpulan puisi yang dia terbitkan seperti Deru Campur Debu, Kerikil Tajam dan Yang Terhempas dan Yang Putus. Tiga Menguak Takdir. Chairil Anwar : Aku Ini Binatang Jalang. Puisi-puisi karyanya masih bisa kita nikmati sampai sekarang tanpa ada rasa ketinggalan jaman.





2. W.S Rendra
W.S Rendra 1935-2009
penyair yang memiliki nama lengkap Willibordus Suwana Bahana Rendra atau yang biasa di singkat dengn W.S Rendra. penyair ini lahir di Solo, Jawa Tengah, 7 November 1935 dan meninggal di Depok, Jawa Barat 6 Agustus 2009. dia juga dijuluki sebagai si burung merak. banyak penghargaan yang telah dia terima baik dari dalkan penghargaan dalam bidang sastra dlam maupun luar negeri. selain menulis puisi rendra juga aktif dalam pembuatan naskah drama.



3. Taufik Ismail
Taufik Ismail 1935
penyair yang lahir di Bukittinggi, Sumatra Barat 25 Juni 1935, dan beliau masih aktif sampai sekarang. Bagi beliau puisi  baru 'memperoleh tubuh yang lengkap' jika telah di tulis, jika telah dibacakan di depan orang. beliau juga banyak mendapat penghargaan dalam bidang sastra baik dalam maupun luar negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar