6 Sep 2011

karya seni dari sisi puisi

Setiap orang bisa dan bahkan sangat mahir untuk membuat yang namanya puisi. puisi bisa saja hanya 1 bait,, atau bahkan cuma 1 kata. banyak penulis puisi yang bermunculan dan tak sedikit yang menjadi legenda dan tak sedikit pula yang lenyap bersama waktu. bahkan beberapa penulis puisi itu ad yang sampai di akuai oleh dunia,,kita ambil cntoh aja, chairil anwar, taufik ismail, W.S Rendra dll. nama- nama yang aku sebutkan tadi aku rasa sudah tak asing bagi telinga kita semua. kita sering mengambil cntoh puisi mereka sejak kita duduk di bangku sekolah dasar.



puisi kebanyakan selalu di pakai dalam mengutrakan isi hati atau lebih tepatnya rasa sayang dan cinta. akan tetapi, puisi sebenranya bisa lebuh dari pada itu, kita bisa menggambarkan berbagai macam warna dan bentuk dari sebuah perasaan. puisi itu juga bisa dikatakan merupakan sebuah makhluk hidup, tak jarang seseorang bisa terhanyut perasaannya ketika dia membaca sebuah puisi. puisi bisa merupah jalan dan alur pikir dari seseorang. puisi juga merupakan sebuah lukisan, dimana si penulis menuangkan berbagai macam warna dan bentuk, dengan tebal tipis garis. puisi bisa bermakna berbgai hal dan berbagai arti.

puisi yang baik menurutku bukan hanya bisa kita baca untuk saat ini, puisi yang bagus adalah puisi yang masih tetap bagus walau kita baca untuk waktu yang lama. dan walaupun itu puisi lama tapi masih terlihat bagus dan selalu menimbulkan ketertarikan dan rasa penasaran untuk mengulas dan menbaca lebih dalam. tapi menurutku tak ada yang namanya kegagalan dan karya seni. karya karya seni bahkan puisi itu sendiri memiliki berbagai macam bentuk dan berbagai macam cara penyaluran dan berbagai macam jenis.

setiap karya seni memiliki penikmatnya sendiri. setiap orang akan memiliki berbagai macam pandangan dan berbagai macam pendapat ketika kita memberikan sebuah puisi yang sama. mungkin untuk mereka yang tak pernah mengenal puisi,barangkali bagai mereka puisi hanya kumpulan kata alay yang suka menggombali, atau bahkan kumpulan kata-kata aneh. tapi mungkin akan beda lagi jika kita bertanya kepada pengamat sastra dan penikmat puisi.

bagai saya pribadi perbedaan-perbedan itulah yang menyebabkan puisi itu akan selalu terbarukan dan akan selalu berkembang. kita tengok saja ada berapa banyak genrasi puisi di indonesia. dan bagi ku puisi akan terus berkembang dan bukan tak mungkin suatau saat puisi akan sangat berpengaruh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar